Apa Itu Hepatitis B?

  2.535 views
  0 comment
Apa Itu Hepatitis B?

Memang benar ada beberapa jenis penyakit yang menyerang organ hati kita. Salah satu yang cukup terkenal adalah Hepatitis B. Sebagai informasi, penyakit ini akan menyebabkan hati menjadi membengkak dan teriritasi. Penyebab utama penyakit ini adalah virus hepatitis B. Ketika seseorang sudah terjangkit virus tersebut, orang itu akan mulai menunjukkan gejala penyakit hepatitis tipe ini. Gejala-gejala penyakit ini akan kita bahas lebih lanjut di bagian lain artikel ini. Terlebih dahulu, mari kita tengok bagaimana seseorang bisa terinfeksi virus ini dan menjadi penderita penyakit hepatitis B.

Seperti yang kita tahu, virus tidak akan bisa masuk ke dalam tubuh kita dan menyerang jika tidak ada medium yang menjadi perantaranya. Dalam kasus ini ada beberapa penyebab yang bisa menjadi perantara penularan hepatitis B. Yang pertama adalah penggunaan jarum suntik bekas penderita penyakit ini, transfusi darah yang tidak steril, atau hal-hal lain yang sejenis. Benda-benda tersebut akan sangat mudah memindahkan virus hepatitis B.

Penyebab lain yang juga memungkinkan penularan penyakit ini adalah jarum tato yang bekas digunakan oleh penderita penyakit hepatitis B. Oleh karena itu, jika anda akan menggunakan jarum suntik atau akan melakukan transfusi darah, pastikan jarum yang digunakan steril dan baru. Berhubungan seksual dengan penderita akan menjadi perantara penyebaran virus hepatitis B juga. Menggunakan benda-benda personal yang sama juga bisa menjadi penyebab penularan penyakit ini seperti menggunakan sikat gigi yang sama, cukuran, ataupun pemotong kuku. Orang tua yang mengidap penyakit ini juga bisa menurunkannya kepada anaknya.

Lalu bagaimana dengan gejalanya? Gejala yang paling gampang dilihat adalah kulit yang berwarna agak kekuning-kuningan dan juga muntah. Jika anda curiga anda mengalami gejala yang mirip dengan gejala penyakit hepatitis B, ada baiknya anda segera mengunjungi dokter anda untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut karena perawatan sendiri di rumah tidak akan efektif. Jangan lupa untuk makan makanan yang sehat untuk membantu organ hati anda memerangi virus ini dan juga minum air putih yang banyak. Dokter biasanya akan memberikan obat untuk penyakit ini dan anda disarankan untuk banyak istirahat. Selama perawatan, anda akan diminta untuk melakukan cek darah secara berkala dan juga mengecek keadaan organ hati anda.

Comment
Saat ini belum ada data komentar.
Post Comment
*) field is required.